Perbedaan optical disk dan pita magnetik dan Kekurangan-Kelebihannya

 *Perbedaan optical disk dan pita magnetik dan Kekurangan-Kelebihannya*


 *Optical Disk* adalah media penyimpanan data elektronik yang membaca dan menulis data dengan menggunakan teknik dan teknologi penyimpanan optik. Sebagian besar ada tiga jenis optical disk yang tersedia seperti Compact disk (CDs), Digital versatile disks (DVDs), yang juga disebut Digital video disk, dan yang terakhir adalah Blue-ray Disks.

 *Kelebihan Optical Disk* :


Optical Disk hanya terdiri dari plastik dan aluminium foil, yang membuatnya lebih murah.

Ketika datang ke memori volatile dan non-volatile, maka Cakram Optik lebih tahan lama. Ketika kekuatan itu tidak kehilangan data apapun, sehingga bisa dijalankan untuk jangka panjang.


-kapasitas yang cukup luas.

-optical disk tidak sensitif ketika disentuh.


 *Kekurangan Optical Disk* :


Setelah kita mengetahui keuntungan dari Optical disk, tetapi juga memiliki beberapa keterbatasan yang diberikan di bawah ini:


Saat Anda menggunakan disk ini untuk tujuan pencadangan, maka Anda harus menjaganya tetap aman dari pencuri. Setelah itu dicuri, itu lebih berbahaya. Jadi karena ukurannya yang besar, bisa dengan mudah dicuri atau hilang.

Dibandingkan dengan drive lain, drive optik sangat mahal. Optical Disk sangat mahal per Giga byte/Tera byte. Selain itu, jika kita bandingkan kapasitasnya dengan yang lain, maka kapasitasnya juga lebih kecil, kecuali Blue-Ray. Pekerjaan penyimpanan Optical Disk adalah 4,7 GB.


-resiko kehilangan data.

-rawan goresan ,debu , cetakan lengket.





 *Pita magnetik* 

Pita magnetik adalah media untuk penyimpanan magnetik, terbuat dari lapisan tipis yang dapat magnetis pada strip film plastik yang panjang dan sempit.


 *kekurangan pita magnetik* :- retan terhadap fisik /lingkungan.

-lambat menemukan data.


 *kelebihan pita magnetik* : -kurang rentan terhadap ancaman online .

-umur lebih panjang di bandingkan media lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 KESIMPULAN RAID